Ruang lingkup uji kompetensi yang ditawarkan dalam Skema Uji Kompetensi yang kami miliki, yaitu :

1. Skema Sertifikasi Kompetensi 3D Illustration Artist

NO

Kode Unit Kompetensi

Judul  Unit Kompetensi

1

J.591120.008.01

Membuat model digital hardsurface 3 dimensi

2

J.591120.009.01

Membuat model digital organik 3 dimensi

3

J.591120.011.01

Membuat pencitraan UV mesh

4

J.591120.012.01

Membuat pencitraan gambar digital

(rendering)

5

J.591120.013.01

Membuat pencitraan tekstur permukaan

6

J.591120.014.01

Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning)

7

J.591120.015.01

Membuat rancangan mekanika gerak digital

(rigging)

8

J.591120.020.01

Membuat pencitraan cahaya digital

9

J.591120.021.01

Membuat pencitraan sifat permukaan(shading)

10

J.591120.031.01

Membuat sudut pandang kamera digital

11

J.591120.043.01

Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)

 

2. Skema Sertifikasi Kompetensi 3D Low Poly Artist

NO

Kode Unit Kompetensi

Judul  Unit Kompetensi

1

J.591120.008.01

Membuat  model  digital hardsurface 3 dimensi

2

J.591120.009.01

Membuat model digital organik 3 dimensi

3

J.591120.011.01

Membuat pencitraan UV mesh

4

J.591120.012.01

Membuat pencitraan gambar digital (rendering)

5

J.591120.013.01

Membuat pencitraan tekstur permukaan

6

J.591120.014.01

Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning)

7

J.591120.015.01

Membuat     rancangan     mekanika     geraik digital (rigging)

 

3. Skema Sertifikasi Kompetensi Motion Graphic Artist

No

Kode Unit Kompetensi

Judul  Unit Kompetensi

1

J.591120.004.01

Membuat gerak digital non character

2

J.591120.008.01

Membuat model digital hardsurface 3 dimensi

3

J.591120.012.01

Membuat pencitraan gambar digital (rendering)

4

J.591120.019.01

Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)

5

J.591120.020.01

Membuat pencitraan cahaya digital

6

J.591120.021.01

Membuat pencitraan sifat permukaan(shading)

7

J.591120.031.01

Membuat sudut pandang kamera digital

8

J.591120.022.01

Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing)

9

J.591120.026.01

Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)

10

J.591120.040.01

Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)

 

4. Skema Sertifikasi Kompetensi Pembuat Ide Bentuk 3 Dimensi (Generalist)

NO

Kode Unit Kompetensi

Judul  Unit Kompetensi

1

J.591120.008.01

Membuat model digital hardsurface 3 dimensi

2

J.591120.009.01

Membuat model digital organik 3 dimensi

3

J.591120.011.01

Membuat pencitraan UV mesh

4

J.591120.012.01

Membuat pencitraan gambar digital (rendering)

5

J.591120.013.01

Membuat pencitraan tekstur permukaan

6

J.591120.014.01

Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning)

7

J.591120.015.01

Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)

8

J.591120.020.01

Membuat pencitraan cahaya digital

9

J.591120.021.01

Membuat pencitraan sifat permukaan (shading)

10

J.591120.027.01

Membuat model digital sculpting

11

J.591120.031.01

Membuat sudut pandang kamera digital

12

J.591120.034.01

Membuat standar produksi desain property

(property design)

13

J.591120.035.01

Membuat standar produksi desain latar

(environment design)

14

J.591120.036.01

Membuat standar produksi desain karakter

(character design)

15

J.591120.043.01

Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing)

 

5. Skema Sertifikasi Kompetensi Pembuat Ide Gerak dan Cerita (Generalist)

NO

Kode Unit Kompetensi

Judul  Unit Kompetensi

1

J.591120.001.01

Melakukan pemindaian digital

2

J.591120.003.01

Melakukan perekaman rancangan dialog

3

J.591120.004.01

Membuat gerak digital non character

4

J.591120.005.01

Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)

5

J.591120.006.01

Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic/previsualisation)

6

J.591120.015.01

Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging)

7

J.591120.016.01

Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing)

8

J.591120.017.01

Membuat gerak digital character

9

J.591120.018.01

Membuat gerak digital puppeteer

10

J.591120.024.01

Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair)

11

J.591120.026.01

Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing)

12

J.591120.030.01

Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing)

13

J.591120.031.01

Mempersiapkan sudut pandang kamera digital

14

J.591120.044.01

Melakukan pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing)

15

J.591120.045.01

Melakukan pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing)

 

6. Skema Sertifikasi Okupasi Desainer Grafis Junior

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

M.74100.001.02

Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain

2

M.74100.002.02

Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi

3

M.74100.003.02

Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain

4

M.74100.005.02

Menerapkan Design Brief

5

M.74100.008.02

Mengembangkan Konsep Desain

6

M.74100.009.02

Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain

7

M.74100.010.01

Menciptakan Karya Desain

8

M.74100.013.02

Membuat Materi Siap Produksi

 

7. Skema Sertifikasi Okupasi Desainer Kemasan Junior

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

M.741 00.001.02

Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain

2

M.741 00.002.02

Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi

3

M.741 00.003.02

Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain

4

M.741 00.005.02

Menerapkan Design Brief

5

M.741 00.007.01

Menetapkan Strategi Desain

6

M.741 00.008.02

Menetapkan Konsep Desain

7

M.741 00.009.02

Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain

8

M.741 00.010.01

Menciptakan Karya Desain

9

M.741 00.012.02

Mempresentasikan Karya Desain

10

M.741 00.013.02

Membuat Materi Siap Produksi

11

M.741 00.014.01

Mengelola Proses Produksi

12

M.741 00.016.02

Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

 

8. Skema Sertifikasi Okupasi Desainer Publikasi Junior

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

M.74100.001.02

Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain

2

M.74100.002.02

Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi

3

M.74100.003.02

Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain

4

M.74100.005.02

Menerapkan Desipn Brief

5

M.74100.007.01

Menetapkan Strategi Desain

6

M.74100.008.02

Menetapkan Konsep Desain

7

M.74100.009.02

Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain

8

M.74100.010.01

Menciptakan Karya Desain

9

M.74100.012.02

Mempresentasikan Karya Desain

10

M.74100.013.02

Membuat Materi Siap Produksi

11

M.74100.014.01

Mengelola Proses Produksi

12

M.74100.016.02

Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

 

9. Skema Sertifikasi Okupasi Junior Layout Artist

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

M.74100.001.02

Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain

2

M.74100.008.02

Menetapkan Konsep Desain

3

M.74100.013.02

Membuat Materi Siap Produksi

4

M.74100.016.02

Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

 

10. Skema Sertifikasi Okupasi Junior Multimedia Graphics Operator

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

J.59MTM00.010.1

Menterjemahkan Arah Visual Ke dalam Langkah Kerja

2

J.59MTM00.0H.1

Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang telah Ditetapkan

3

K.640000.004.01

Berkomunikasi di Tempat Kerja

4

K.640000.003.01

Bekerja sebagai Anggota Kelompok/Tim

5

M.74100.009.02

Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain

6

J.591120.002.01

Melakukan Pewarnaan Gambar Karakter (Coloring)

7

J.591120.029.01

Melakukan Pewarnaan Gambar Latar (Coloring)

8

J.591120.038.01

Membuat Gambar Sketsa Property

9

J.591120.039.01

Membuat Gambar Sketsa Latar

 

11. Skema Sertifikasi Okupasi Senior Layout Artist

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

M.74100.001.02

Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain

2

M.74100.002.02

Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi

3

M.74100.009.02

Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain

4

M.74100.010.01

Menciptakan Karya Desain

5

M.74100.013.02

Membuat Materi Siap Produksi

6

M.74100.016.02

Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

 

12. Skema Sertifikasi Okupasi Junior 3D Layout

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

J.591120.008.01

Membuat Model Digital Hardsurface 3 Dimensi

2

J.591120.011.01

Membuat Pencitraan UV Mesh

3

J.591120.012.01

Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)

4

J.591120.013.01

Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan

5

J.591120.014.01

Membuat Rancangan Antar Sambungan Mekanika dan Objek Digital [Skinning]

6

J.591120.030.01

Membuat Gambar Penceritaan (Storyboard Drawing)

7

J.591120.031.01

Membuat Sudut Pandang Kamera Digital

8

J.591120.034.01

Membuat Standar Produksi Desain Properti (Property Design)

9

J.591120.035.01

Membuat Standar Produksi Desain Suasana (Environment Design)

10

J.591120.043.01

Melakukan Pengawasan Nilai Mutu Seni Visual (Art Directing)

 

13. Skema Sertifikasi Okupasi Junior 3D Animator

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

J.591120.006.01

Melakukan Penyuntingan Suara dan Gambar Bercerita (Animatic/Previsualisation)

2

J.591120.012.01

Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)

3

J.591120.017.01

Membuat Gerak Digital Character

4

J.591120.031.01

Mempersiapkan Sudut Pandang Kamera Digital

5

J.591120.044.01

Melakukan Pengawasan Nilai Mutu Gerak Visual (Animation Directing)

 

14. Skema Sertifikasi Okupasi Animator Madya

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

1

J.59MTM00.011.1

Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Keija yang Telah Ditetapkan

2

J.591120.004.01

Membuat Gerak Digital Non Character

3

J.591120.008.01

Membuat Model Digital Hardsurface 3 Dimensi

4

J.591120.012.01

Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering)

5

J.591120.019.01

Membuat Komposisi Teknik Layer 2 Dimensi (2D Compositing)

6

J.591120.020.01

Membuat Pencitraan Cahaya Digital

7

J.591120.021.01

Membuat Pencitraan Sifat Permukaan (Shading)

8

J.591120.022.01

Membuat Komposisi Teknik Layer 3 Dimensi (3D Compositing)

9

J.591120.031.01

Membuat Sudut Pandang Kamera Digital

 

15. Skema Sertifikasi Okupasi Fotografer Portrait

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

01

M.742010.001.01

Memilih Jenis Kamera sesuai kebutuhan pemotretan

02

M.742010.002.01

Memeriksa Perangkat Kamera

03

M.742010.003.01

Menentukan Elemen Pencahayaan

04

M.742010.004.01

Mengatur Ketajaman Gambar

05

M.742010.005.01

Menentukan  Sudut Pengambilan

06

M.742010.006.01

Menentukan  Latar Depan Latar Belakang

07

M.742010.007.01

Menentukan  Komposisi Pemotretan

08

M.742010.008.01

Mengidentifikasi Arah, Karakter dan Warna Cahaya

09

M.742010.009.01

Menentukan  Perangkat Penyinaran

10

M.742010.016.01

Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

11

M.742010.022.01

Mengerjakan Pemotretan Manusia

 

16. Skema Sertifikasi Okupasi Fotografer Industrial

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

01

M.742010.001.01

Memilih Jenis Kamera sesuai kebutuhan pemotretan

02

M.742010.002.01

Memeriksa Perangkat Kamera

03

M.742010.003.01

Menentukan Elemen Pencahayaan

04

M.742010.004.01

Mengatur Ketajaman Gambar

05

M.742010.005.01

Menentukan  Sudut Pengambilan

06

M.742010.006.01

Menentukan  Latar Depan Latar Belakang

07

M.742010.007.01

Menentukan  Komposisi Pemotretan

08

M.742010.008.01

Mengidentifikasi Arah, Karakter dan Warna Cahaya

09

M.742010.009.01

Menentukan  Perangkat Penyinaran

10

M.742010.016.01

Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

11

M.742010.023.01

Mengerjakan Pemotretan Benda

 

17. Skema Sertifikasi Okupasi Fotografer Fotografer Arsitektur

NO

KODE UNIT

JUDUL UNIT KOMPETENSI

01

M.742010.001.01

Memilih Jenis Kamera sesuai kebutuhan pemotretan

02

M.742010.002.01

Memeriksa Perangkat Kamera

03

M.742010.003.01

Menentukan Elemen Pencahayaan

04

M.742010.004.01

Mengatur Ketajaman Gambar

05

M.742010.005.01

Menentukan  Sudut Pengambilan

06

M.742010.006.01

Menentukan  Latar Depan Latar Belakang

07

M.742010.007.01

Menentukan  Komposisi Pemotretan

08

M.742010.008.01

Mengidentifikasi Arah, Karakter dan Warna Cahaya

09

M.742010.009.01

Menentukan  Perangkat Penyinaran

10

M.742010.016.01

Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

11

M.742010.024.01

Mengerjakan Pemotretan Arsitektur

Share this post on: