Ruang lingkup uji kompetensi yang ditawarkan dalam Skema Uji Kompetensi yang kami miliki, yaitu :
1. Skema Sertifikasi Kompetensi 3D Illustration Artist
NO |
Kode Unit Kompetensi |
Judul Unit Kompetensi |
1 |
J.591120.008.01 |
Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
2 |
J.591120.009.01 |
Membuat model digital organik 3 dimensi |
3 |
J.591120.011.01 |
Membuat pencitraan UV mesh |
4 |
J.591120.012.01 |
Membuat pencitraan gambar digital (rendering) |
5 |
J.591120.013.01 |
Membuat pencitraan tekstur permukaan |
6 |
J.591120.014.01 |
Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) |
7 |
J.591120.015.01 |
Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) |
8 |
J.591120.020.01 |
Membuat pencitraan cahaya digital |
9 |
J.591120.021.01 |
Membuat pencitraan sifat permukaan(shading) |
10 |
J.591120.031.01 |
Membuat sudut pandang kamera digital |
11 |
J.591120.043.01 |
Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) |
2. Skema Sertifikasi Kompetensi 3D Low Poly Artist
NO |
Kode Unit Kompetensi |
Judul Unit Kompetensi |
1 |
J.591120.008.01 |
Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
2 |
J.591120.009.01 |
Membuat model digital organik 3 dimensi |
3 |
J.591120.011.01 |
Membuat pencitraan UV mesh |
4 |
J.591120.012.01 |
Membuat pencitraan gambar digital (rendering) |
5 |
J.591120.013.01 |
Membuat pencitraan tekstur permukaan |
6 |
J.591120.014.01 |
Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) |
7 |
J.591120.015.01 |
Membuat rancangan mekanika geraik digital (rigging) |
3. Skema Sertifikasi Kompetensi Motion Graphic Artist
No |
Kode Unit Kompetensi |
Judul Unit Kompetensi |
1 |
J.591120.004.01 |
Membuat gerak digital non character |
2 |
J.591120.008.01 |
Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
3 |
J.591120.012.01 |
Membuat pencitraan gambar digital (rendering) |
4 |
J.591120.019.01 |
Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing) |
5 |
J.591120.020.01 |
Membuat pencitraan cahaya digital |
6 |
J.591120.021.01 |
Membuat pencitraan sifat permukaan(shading) |
7 |
J.591120.031.01 |
Membuat sudut pandang kamera digital |
8 |
J.591120.022.01 |
Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing) |
9 |
J.591120.026.01 |
Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) |
10 |
J.591120.040.01 |
Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) |
4. Skema Sertifikasi Kompetensi Pembuat Ide Bentuk 3 Dimensi (Generalist)
NO |
Kode Unit Kompetensi |
Judul Unit Kompetensi |
1 |
J.591120.008.01 |
Membuat model digital hardsurface 3 dimensi |
2 |
J.591120.009.01 |
Membuat model digital organik 3 dimensi |
3 |
J.591120.011.01 |
Membuat pencitraan UV mesh |
4 |
J.591120.012.01 |
Membuat pencitraan gambar digital (rendering) |
5 |
J.591120.013.01 |
Membuat pencitraan tekstur permukaan |
6 |
J.591120.014.01 |
Membuat rancangan antar sambungan mekanika dan objek digital (skinning) |
7 |
J.591120.015.01 |
Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) |
8 |
J.591120.020.01 |
Membuat pencitraan cahaya digital |
9 |
J.591120.021.01 |
Membuat pencitraan sifat permukaan (shading) |
10 |
J.591120.027.01 |
Membuat model digital sculpting |
11 |
J.591120.031.01 |
Membuat sudut pandang kamera digital |
12 |
J.591120.034.01 |
Membuat standar produksi desain property (property design) |
13 |
J.591120.035.01 |
Membuat standar produksi desain latar (environment design) |
14 |
J.591120.036.01 |
Membuat standar produksi desain karakter (character design) |
15 |
J.591120.043.01 |
Melakukan pengawasan nilai mutu seni visual (art directing) |
5. Skema Sertifikasi Kompetensi Pembuat Ide Gerak dan Cerita (Generalist)
NO |
Kode Unit Kompetensi |
Judul Unit Kompetensi |
1 |
J.591120.001.01 |
Melakukan pemindaian digital |
2 |
J.591120.003.01 |
Melakukan perekaman rancangan dialog |
3 |
J.591120.004.01 |
Membuat gerak digital non character |
4 |
J.591120.005.01 |
Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween) |
5 |
J.591120.006.01 |
Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic/previsualisation) |
6 |
J.591120.015.01 |
Membuat rancangan mekanika gerak digital (rigging) |
7 |
J.591120.016.01 |
Membuat sekuensial gambar gerak utama (keyframing) |
8 |
J.591120.017.01 |
Membuat gerak digital character |
9 |
J.591120.018.01 |
Membuat gerak digital puppeteer |
10 |
J.591120.024.01 |
Membuat simulasi dinamis objek digital (cloth/hair) |
11 |
J.591120.026.01 |
Melakukan penyuntingan gambar akhir (online editing) |
12 |
J.591120.030.01 |
Membuat gambar penceritaan (storyboard drawing) |
13 |
J.591120.031.01 |
Mempersiapkan sudut pandang kamera digital |
14 |
J.591120.044.01 |
Melakukan pengawasan nilai mutu gerak visual (animation directing) |
15 |
J.591120.045.01 |
Melakukan pengawasan bidang penyutradaraan karya animasi (directing) |
6. Skema Sertifikasi Okupasi Desainer Grafis Junior
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
M.74100.001.02 |
Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
2 |
M.74100.002.02 |
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
3 |
M.74100.003.02 |
Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain |
4 |
M.74100.005.02 |
Menerapkan Design Brief |
5 |
M.74100.008.02 |
Mengembangkan Konsep Desain |
6 |
M.74100.009.02 |
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
7 |
M.74100.010.01 |
Menciptakan Karya Desain |
8 |
M.74100.013.02 |
Membuat Materi Siap Produksi |
7. Skema Sertifikasi Okupasi Desainer Kemasan Junior
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
M.741 00.001.02 |
Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
2 |
M.741 00.002.02 |
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
3 |
M.741 00.003.02 |
Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain |
4 |
M.741 00.005.02 |
Menerapkan Design Brief |
5 |
M.741 00.007.01 |
Menetapkan Strategi Desain |
6 |
M.741 00.008.02 |
Menetapkan Konsep Desain |
7 |
M.741 00.009.02 |
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
8 |
M.741 00.010.01 |
Menciptakan Karya Desain |
9 |
M.741 00.012.02 |
Mempresentasikan Karya Desain |
10 |
M.741 00.013.02 |
Membuat Materi Siap Produksi |
11 |
M.741 00.014.01 |
Mengelola Proses Produksi |
12 |
M.741 00.016.02 |
Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual |
8. Skema Sertifikasi Okupasi Desainer Publikasi Junior
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
M.74100.001.02 |
Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
2 |
M.74100.002.02 |
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
3 |
M.74100.003.02 |
Menerapkan Pengetahuan Produksi Desain |
4 |
M.74100.005.02 |
Menerapkan Desipn Brief |
5 |
M.74100.007.01 |
Menetapkan Strategi Desain |
6 |
M.74100.008.02 |
Menetapkan Konsep Desain |
7 |
M.74100.009.02 |
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
8 |
M.74100.010.01 |
Menciptakan Karya Desain |
9 |
M.74100.012.02 |
Mempresentasikan Karya Desain |
10 |
M.74100.013.02 |
Membuat Materi Siap Produksi |
11 |
M.74100.014.01 |
Mengelola Proses Produksi |
12 |
M.74100.016.02 |
Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual |
9. Skema Sertifikasi Okupasi Junior Layout Artist
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
M.74100.001.02 |
Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
2 |
M.74100.008.02 |
Menetapkan Konsep Desain |
3 |
M.74100.013.02 |
Membuat Materi Siap Produksi |
4 |
M.74100.016.02 |
Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual |
10. Skema Sertifikasi Okupasi Junior Multimedia Graphics Operator
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
J.59MTM00.010.1 |
Menterjemahkan Arah Visual Ke dalam Langkah Kerja |
2 |
J.59MTM00.0H.1 |
Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Kerja yang telah Ditetapkan |
3 |
K.640000.004.01 |
Berkomunikasi di Tempat Kerja |
4 |
K.640000.003.01 |
Bekerja sebagai Anggota Kelompok/Tim |
5 |
M.74100.009.02 |
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
6 |
J.591120.002.01 |
Melakukan Pewarnaan Gambar Karakter (Coloring) |
7 |
J.591120.029.01 |
Melakukan Pewarnaan Gambar Latar (Coloring) |
8 |
J.591120.038.01 |
Membuat Gambar Sketsa Property |
9 |
J.591120.039.01 |
Membuat Gambar Sketsa Latar |
11. Skema Sertifikasi Okupasi Senior Layout Artist
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
M.74100.001.02 |
Mengaplikasikan Prinsip Dasar Desain |
2 |
M.74100.002.02 |
Menerapkan Prinsip Dasar Komunikasi |
3 |
M.74100.009.02 |
Mengoperasikan Perangkat Lunak Desain |
4 |
M.74100.010.01 |
Menciptakan Karya Desain |
5 |
M.74100.013.02 |
Membuat Materi Siap Produksi |
6 |
M.74100.016.02 |
Menerapkan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual |
12. Skema Sertifikasi Okupasi Junior 3D Layout
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
J.591120.008.01 |
Membuat Model Digital Hardsurface 3 Dimensi |
2 |
J.591120.011.01 |
Membuat Pencitraan UV Mesh |
3 |
J.591120.012.01 |
Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering) |
4 |
J.591120.013.01 |
Membuat Pencitraan Tekstur Permukaan |
5 |
J.591120.014.01 |
Membuat Rancangan Antar Sambungan Mekanika dan Objek Digital [Skinning] |
6 |
J.591120.030.01 |
Membuat Gambar Penceritaan (Storyboard Drawing) |
7 |
J.591120.031.01 |
Membuat Sudut Pandang Kamera Digital |
8 |
J.591120.034.01 |
Membuat Standar Produksi Desain Properti (Property Design) |
9 |
J.591120.035.01 |
Membuat Standar Produksi Desain Suasana (Environment Design) |
10 |
J.591120.043.01 |
Melakukan Pengawasan Nilai Mutu Seni Visual (Art Directing) |
13. Skema Sertifikasi Okupasi Junior 3D Animator
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
J.591120.006.01 |
Melakukan Penyuntingan Suara dan Gambar Bercerita (Animatic/Previsualisation) |
2 |
J.591120.012.01 |
Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering) |
3 |
J.591120.017.01 |
Membuat Gerak Digital Character |
4 |
J.591120.031.01 |
Mempersiapkan Sudut Pandang Kamera Digital |
5 |
J.591120.044.01 |
Melakukan Pengawasan Nilai Mutu Gerak Visual (Animation Directing) |
14. Skema Sertifikasi Okupasi Animator Madya
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
1 |
J.59MTM00.011.1 |
Membuat Aset Visual Berdasarkan Langkah Keija yang Telah Ditetapkan |
2 |
J.591120.004.01 |
Membuat Gerak Digital Non Character |
3 |
J.591120.008.01 |
Membuat Model Digital Hardsurface 3 Dimensi |
4 |
J.591120.012.01 |
Membuat Pencitraan Gambar Digital (Rendering) |
5 |
J.591120.019.01 |
Membuat Komposisi Teknik Layer 2 Dimensi (2D Compositing) |
6 |
J.591120.020.01 |
Membuat Pencitraan Cahaya Digital |
7 |
J.591120.021.01 |
Membuat Pencitraan Sifat Permukaan (Shading) |
8 |
J.591120.022.01 |
Membuat Komposisi Teknik Layer 3 Dimensi (3D Compositing) |
9 |
J.591120.031.01 |
Membuat Sudut Pandang Kamera Digital |
15. Skema Sertifikasi Okupasi Fotografer Portrait
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
01 |
M.742010.001.01 |
Memilih Jenis Kamera sesuai kebutuhan pemotretan |
02 |
M.742010.002.01 |
Memeriksa Perangkat Kamera |
03 |
M.742010.003.01 |
Menentukan Elemen Pencahayaan |
04 |
M.742010.004.01 |
Mengatur Ketajaman Gambar |
05 |
M.742010.005.01 |
Menentukan Sudut Pengambilan |
06 |
M.742010.006.01 |
Menentukan Latar Depan Latar Belakang |
07 |
M.742010.007.01 |
Menentukan Komposisi Pemotretan |
08 |
M.742010.008.01 |
Mengidentifikasi Arah, Karakter dan Warna Cahaya |
09 |
M.742010.009.01 |
Menentukan Perangkat Penyinaran |
10 |
M.742010.016.01 |
Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). |
11 |
M.742010.022.01 |
Mengerjakan Pemotretan Manusia |
16. Skema Sertifikasi Okupasi Fotografer Industrial
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
01 |
M.742010.001.01 |
Memilih Jenis Kamera sesuai kebutuhan pemotretan |
02 |
M.742010.002.01 |
Memeriksa Perangkat Kamera |
03 |
M.742010.003.01 |
Menentukan Elemen Pencahayaan |
04 |
M.742010.004.01 |
Mengatur Ketajaman Gambar |
05 |
M.742010.005.01 |
Menentukan Sudut Pengambilan |
06 |
M.742010.006.01 |
Menentukan Latar Depan Latar Belakang |
07 |
M.742010.007.01 |
Menentukan Komposisi Pemotretan |
08 |
M.742010.008.01 |
Mengidentifikasi Arah, Karakter dan Warna Cahaya |
09 |
M.742010.009.01 |
Menentukan Perangkat Penyinaran |
10 |
M.742010.016.01 |
Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). |
11 |
M.742010.023.01 |
Mengerjakan Pemotretan Benda |
17. Skema Sertifikasi Okupasi Fotografer Fotografer Arsitektur
NO |
KODE UNIT |
JUDUL UNIT KOMPETENSI |
01 |
M.742010.001.01 |
Memilih Jenis Kamera sesuai kebutuhan pemotretan |
02 |
M.742010.002.01 |
Memeriksa Perangkat Kamera |
03 |
M.742010.003.01 |
Menentukan Elemen Pencahayaan |
04 |
M.742010.004.01 |
Mengatur Ketajaman Gambar |
M.742010.005.01 |
Menentukan Sudut Pengambilan |
|
06 |
M.742010.006.01 |
Menentukan Latar Depan Latar Belakang |
07 |
M.742010.007.01 |
Menentukan Komposisi Pemotretan |
08 |
M.742010.008.01 |
Mengidentifikasi Arah, Karakter dan Warna Cahaya |
09 |
M.742010.009.01 |
Menentukan Perangkat Penyinaran |
10 |
M.742010.016.01 |
Dengan Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). |
11 |
M.742010.024.01 |
Mengerjakan Pemotretan Arsitektur |